Pages

Wednesday 31 August 2016

Analisis Isi Teks Cerita Sejarah

Pada topik kali ini kita bersama-sama akan mempelajari bagaimana menganalisis isi cerita teks cerita sejarah baik lisan maupun tulisan. Menganalisis artinya menguraikan atau memaparkan, sedangkan isi artinya bagian penting dari sebuah pembicaraan. Jadi menganalisis isi artinya menguraikan bagian penting dari sebuah pembicaraan dalam hal ini teks cerita sejarah.

Batu tulis atau prasasti memiliki beberapa informasi penting. Bisa jadi dari tulisannya memberitakan sebuah kejadian. Dari jenis batunya dapat menginformasikan tahun terjadinya suatu peristiwa, dan sebagainya itulah yang dinamakan menganalisis isi.
Apabila sebuah teks cerita sejarah yang kita analisis, maka kita dapat mengetahui jenis kalimat, informasi yang terdapat dalam teks, dan proses afiksasi kata-kata dalam teks tersebut.

Contoh 1:
Sejarah Lahirnya Lagu Indonesia Raya
Indonesia tanah airku.
Tanah tumpah darahku.
Di sanalah aku berdiri jadi pandu ibumu. ... itulah cuplikan sekilas lagu ‘Indonesia Raya’. Lagu ini selalu dinyanyikan pada setiap upacara dan pertemuan penting di negara kita.

Lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan pada Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. Syairnya yang berbunyi tanah tumpah darahku menyiratkan makna nasionalisme para pemuda Indonesia, sedangkan syairnya ‘merdeka’ dulu dinyanyikan dengan kata ‘mulia’. Syair tersebut diubah karena Indonesia masih menjadi jajahan Belanda. Lagu yang diciptakan W.R Supratman ini kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

Teks cerita sejarah di atas terdiri dari empat kalimat.
  1. Lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan pada Konggres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. 
  2. Syairnya yang berbunyi tanah tumpah darahku menyiratkan makna nasionalisme para pemuda Indonesia, sedangkan syairnya ‘merdeka’ dulu dinyanyikan dengan kata ‘mulia’. 
  3. Syair tersebut diubah karena Indonesia masih menjadi jajahan Belanda. 
  4. Lagu yang diciptakan W.R Supratman ini kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

Poin-Poin Penting
  1. Teks cerita sejarah dapat didapatkan secara tulis maupun nontulis.
  2. Teks cerita sejarah dapat dianalisis dari segi pembentukan kata (proses afiksasi), menganalisis kata depan, menganalisis struktur kalimat, menganalisis EYD, dsbnya. 

No comments:

Post a Comment